doc_wlc_Sing_mksr_0001

Wallacea.or.id - Perempuan dan laki-laki, organisasi masyarakat, NGO, lembaga pemerintah dan perusahaan yang beroperasi di tingkatan lokal dibanyak negara mengalami dampak langsung dari perubahan iklim setiap harinya. Padahal, mereka adalah pihak yang menerapkan dan mengelola langkah inovatif dalam menghadapi kondisi iklim yang berubah. Kontribusi mereka pada realitas lokal dan kebutuhan pengetahuan lokal justru sangat efektif dalam pembangunan emisi berkelanjutan.

Berbagi artikel ini:
Pin It

Mengawali kerja Gugus Tugas Reforma Agraria dan Penetapan Tapal Batas Desa (GT RAPTBD) Luwu Utara mempersiapkan pelaksanaan penetapan dan penegasan batas desa di tiga kecamatan, yaitu Malangke, Sukamaju, dan Bone-Bone.

Dalam persiapan ini, Bappeda Luwu Utara, BRWA Sulsel, SLPP Tokalekaju dan Perkumpulan Wallacea mendiskusikan penyiapan pemetaan partisipatif 45 desa yang ada di 3 kecamatan yang diselesaikan tahap awal ini. Pemetaan di tiga kecamatan ini akan berlangsung selama delapan bulan dimulai dengan Rapat Koordinasi GT RAPTBD.

Berbagi artikel ini:
Pin It

Dalam lawatannya di Kabupaten Luwu Utara, Tim Kantor Staf Presiden (KSP) diterima Bupati Indah Putri Indriani di Rumah Jabatan (Rujab) dan peninjauan lapangan di Kampung Liku Dengen Desa Uraso, Kamis (29/3/2018). Kedatangan Tim KSP itu untuk mendorong pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria di Luwu Utara.

Berbagi artikel ini:
Pin It
Do’a Bersama Masyarakat Seko Tengah

Sikap masyarakat Seko Tengah sejak dulu sangat jelas, tegas, menolak rencana pembangunan PLTA di Wilayah adat mereka. Penolakannya terhadap rencana pembangunan PLTA oleh PT. Seko Power Prima ini bukan basa-basi. Ia adalah satu tekat yang bulat, yang berangkat dari kesadaran dan keputusan bersama.

Berbagi artikel ini:
Pin It

Perkumpulan Wallacea inisiasi dialog dengan berbagai elemen mahasiswa yang tergabung dalam aliansi seko menggugat dan beberapa wartawan kota palopo, Kamis (28/12/17) pukul 20.00 di Teras Agatis, Kel Balandai, Kec Bara, Kota Palopo.

Dalam pertemuan tersebut Koordinator Devisi PH2R Perkumpulan Wallacea Rais Laode Sabania selaku pembicara pada dialog tersebut banyak memberikan pemahaman tentang Universal Periodic Review (UPR) .

Berbagi artikel ini:
Pin It

Bekerjasama dengan Regional Implementation Team (RIT) CEPF (Critical Ecosystem Partnership Fund) Wallacea, Perkumpulan Wallacea akan  mendorong Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Perencanaan Tata Ruang Berbasis Masyarakat di Kompleks Danau Malili Kabupaten Luwu Timur.

Berbagi artikel ini:
Pin It

Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dan Perencanaan Tata Ruang di Kompleks Danau Malili yang akan dilaksanakan Perkumpulan Wallacea bekerjasama dengan Burung Indonesia dan CEPF (Critical Ekosistem Partnership Fund) mendapat dukungan dan dari Bappeda, sejumlah SKPD, dan DPRD Luwu Timur.

Berbagi artikel ini:
Pin It

Berangkat dari diskusi kampung menyoal kelembagaan ekonomi  masyarakat Desa Kaltok yang dilakukan  Rabu (21/06), pelaku usaha lebah trigona dan pembibitan menyepakati perlunya kelembagaan ekonomi masyarakat yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami peternak lebah trigona dan pembibitan kakao yang ada di Desa Kalotok.

Berbagi artikel ini:
Pin It

Perumusan pelaksanaan mekanisme Free, Prior, Informed and Consent (FPIC) atau persetujuan bebas tanpa paksaan berdasarkan informasi yang lengkap terus dilakukan. Perkumpulan Wallacea bersama Pemerintah Daerah Kabuten Luwu Utara melakukan pertemuan dalam rangka membahas perumusan pelaksanaan mekanisme tersebut.

Berbagi artikel ini:
Pin It